JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 5 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Prasangka Mahasiswa pada Mahasiswa Asal Papua di Universitas X

Qadri, Andi Ramdan Al (Unknown)
Ridfah, Ahmad (Unknown)
Zainuddin, Kurniati (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2022

Abstract

Keragaman ras dan etnis di Indonesia dapat memunculkan konflik disebabkan adanya prasangka kelompok individu. Penelitian bertujuan mengetahui faktor yang melatarbelakangi prasangka mahasiswa pada mahasiswa asal Papua di universitas X. Penelitian dilakukan terhadap 3 responden, yaitu mahasiswa aktif universitas X yang memiliki teman atau kenal dengan mahasiswa asal Papua dan pernah terlibat konflik. Penelitian menggunakan metode kualitatif fenomenologi dengan analisis data interpretative phenomenological analysis (IPA). Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat empat faktor yang melatarbelakangi prasangka responden pada mahasiswa asal Papua yaitu adanya tuntutan lingkungan, perbedaan yang dimiliki tiap kelompok, anggapan atau kebiasaan individu yang dianggap sebagai hal wajar di lingkungannya, dan kesan menyakitkan atau pengalaman buruk. Hasil penelitian ini berimplikasi bagi mahasiswa agar dapat menjalin interaksi yang baik dengan mahasiswa asal Papua guna meminimalisir konflik di lingkungan universitas. Selain itu, bagi institusi Pendidikan dan komunitas agar hasil penelitian ini sekiranya dapat dijadikan rujukan sebagai upaya preventif agar dapat mengatasi munculnya prasangka terhadap kelompok asal Papua.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...