JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 5 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Teknik Finger Painting di Kelompok Bermain Tunas Harapan Desa Pelajau Kecamatan Banyuasin III

Mustika, Ayu Nanda (Unknown)
Oviyanti, Fitri (Unknown)
Cindrya, Elsa (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknik finger painting dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak usai 5- 6 tahun di Kelompok Bermain Tunas Harapan Desa Pelajau Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin. Motorik halus adalah kemampuan anak beraktivitas yang melibatkan otot-otot halus atau otot- otot kecil seperti jari- jari tangan, pergelangan tangan, serta membutuhkan koordinasi mata dan tangan yang cermat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan aau observasi, dan refleksi. Pelaksanan teknik finger painting di Kelompok Bermain Tunas Harapan Desa Pelajau 2021/2022 dilaksanakan 17 anak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa teknik finger painting dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak, terlihat dari adanya perkembangan kategori BSH dimana pada kondisi prasiklus masih 5%, kemudian adanya kegiatan teknik finger painting meningkat menjadi 21% siklus I dan 74% pada siklus II . Selanjutnya pada kategori BSB dimana pada kondisi prasiklus 5%, dan 16% pada siklus I 26% untuk siklus II. Selanjutnya dapat dilihat dari proses kegiatan melalui teknik finger painting berlangsung, membantu anak untuk meningkatkan kemampuan motorik halusnya, seperti mampu mengkoordinasikan antara mata dan tangan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...