JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 6 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Hubungan Latar Belakang Pendidikan Orangtua terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid 19 di SMP Negeri 1 Ronggurnihuta

Simbolon, Martina (Unknown)
Sinaga, Budiman N P D (Unknown)
Pasaribu, Kondios M D (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data latar belakang pendidikan orangtua dan data prestasi belajar siswa untuk mengetahui hubungan latar belakang pendidikan orangtua terhadap prestasi belajar siswa pada masa pandemi  Covid-19 di SMP N 1 Ronggurnihuta. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik, bersifat kuantitatif dengan menggunakan analisis data yang berupa angka-angka yang akan diolah. Kegiatan memperoleh data dalam penelitian  ini adalah menggunakan intstrumen pengumpulan data dengan metode dokumentasi yang terkait dalam penelitian. Data yang dikumpulkan berupa data pendidikan orang tua dan prestasi belajar siswa pada masa pandemic Covid-19,kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan uji korelasi dalam mencari korelasi penelitian.Hasil Penelitian yang dilakukan memperoleh korelasi dimana  rxy atau rhitung sebesar 0,65 %  kemudian di interpretasikan kedalam tabel dengan jumlah sampel 23, pada taraf 5 % diperoleh r tabel sebesar 0,396, menunjukkan berada pada koefisien korelasi antara 0,600 sampai dengan 0,800 dengan interpretasi kuat dan tinggi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...