JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 7 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Efektivitas Model Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist

Fadhillah, Nur (Unknown)
Khoriyah, Rif'atul (Unknown)
Muhlishotin, Muhlishotin (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah model Crossword Puzzle efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VII MTs Miftahul Huda Tanggir Tuban. Penelitian ini juga merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian yaitu  pre-experimental design tipe one shot case study design. Penelitian ini juga melibatkan siswa kelas VII MTs Miftahul Huda Tanggir Tuban sebagai perlakuan dilakukan oleh guru sehingga penulis bertindak sebagai pengamat. Data hasil penelitian diperoleh melalui lembar angket untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan model Crossword Puzzle serta lembar tes untuk menilai motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Crossword Puzzle untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VII MTs Miftahul Huda Tanggir Tuban. Dengan menggunakan aplikasi SPSS (Statistical Product Service Solutions) versi 20 melalui uji one sample t-test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,022. Karena nilai 0,022 < 0,05 ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima serta peningkatan kemampuan berpikir siswa sebesar 79%. Jadi dapat disimpulkan bahwa model Crossword Puzzle untuk meningkatkan kretivitas berpikir siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VII MTs Miftahul Huda Tanggir Tuban.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...