JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 7 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Internalisasi Nilai-Nilai Teologi Pendidikan di SMK Alwashliyah Sukra Kabupaten Indramayu

Khoeriyah, Yayah (Unknown)
Ahmad, Nurwadjah (Unknown)
Suhartini, Andewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini mengkaji dalam menanamkan nilai religius kepada peserta didik di SMK Al-Washliyah Sukra Indramayu Peserta Internalisasi nilai religius menjadi salah satu solusi dalam menyiapkan generasi milenial ke depan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif di SMK Al-Washliyah Sukra Indramayu, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan observasi. Dari hasil pengolahan data maka diperoleh kesimpulan bahwa internalisasi nilai-nilai Islam adalah suatu proses yang mendalam dalam menghayati nilai-nilai agama Islam yang dipergunakan seseorang dalam menyelenggarakan tata cara hidup serta mengatur hubungan dengan Tuhan (habl minAllah), sesama manusia (habl minannas), dan alam sekitar. Hasilnya Pertama, melakukan pengembangan kebudayaan religius secara rutin yaitu mengadakan shalat berjamaah shalat duha dan dzuhur. Kedua, menciptakan lingkungan serta menciptakan suasana religius, Ketiga, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengekspresikan diri, menumbuhkan bakat, minat dan kreativitas dalam seni membaca al-qur’an, adzan, pidato dan lainnya pada peringatan hari besar Islam.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...