Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 8, No 2 (2022): May 2022

Tinjauan Kualitas Karya Visual, Tema dan Kreativitas Mahasiswa dalam Pembelajaran Fotografi di Masa Pandemi

Ida Susanti (Universitas Paramadina)
Ayoeningsih Dyah Woelandhary (Universitas Paramadina)
Mohamad Sajili (Universitas Paramadina)



Article Info

Publish Date
06 May 2022

Abstract

Pada kondisi pandemic, banyak situasi dan perencanaan yang harus diadaptasi dengan beragam ketentuan dan regulasi, begitu pula dalam bidang penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran, dikeluarkan yang berupaya untuk meminimalisir pergerakan masif virus untuk menular kepada manusia dan membawa dampak kematian. Akibat pembatasan pergerakan aktivitas manusia/mobilisasi tersebut maka dampak yang terjadi pada aspek dunia pendidikan adalah tidak adanya rekomendasiuntuk melakukan pembelajaran dengan metode tatap muka yang bersifat berinteraksi secara langsung antara guru, dosen atau disebut fasilitator dengan murid atau siswanya. Hasil kuisioner dari aspek visual yang ditemukan pada karya mahasiwa, dimana mayoritas merasakan adanya penurunan kualitas pada perkuliahan online. Hal ini dirasakan akibat dari peserta yang tidak leluasa melakukan eksplorasi di luar ruangan karena kondisi pandemic. Begitupula terkait dengan keterbatasan eksplorasi objek apakah ada penurunan secara kualitas foto. Hasil karya foto yang dibuat kebanyakan tidak menggunakan teknik fotografi yang benar, komposisi yang tepat dan masih kurangnya pemahaman dalam mengatur pencahayaan (exposure), sehingga foto terlalu terang (over exposure) atau sebaliknya terlalu gelap (under exposure). Hal ini menjadi koreksi dan merupakan bagian dari evaluasi kedepannya untuk dapat diberikan pemahaman yang lebih mendalam hingga dapat dipahami oleh semua mahasiswa juga pihak penyelenggara pendidikan, khususnya Universitas Paramadina dalam situasi pandemic dan pembelajaran online.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...