Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 8, No 2 (2022): May 2022

Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi Pembelajaran Beserta Konten Pendidikan Untuk Sekolah Dasar Berbasis Audio Visual Untuk Mendukung Pembelajaran Daring

Asril Adi Sunarto (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Elnawati Elnawati (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)



Article Info

Publish Date
06 May 2022

Abstract

Pentingnya pendidikan yang didapatkan untuk anak-anak Indonesia agar dapat terampil,kreatif, dan berbudi pekerti yang luhur sesuai dengan amanat UU No 20 Tahun 2003Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sayangnya para pendidik selama dua tahun initerkendala karena pandemic Covid19 yang melanda dunia mengakibatkan proses belajarmengajar menjadi terganggu. Oleh karena itu salah satu solusi keadaan tersebutmemanfaatkan teknologi informasi seperti aplikasi belajar daring (elearning) dalamproses belajar mengajar. Sayangnya aplikasi belajar daring tersebut mengandalkan aksesinternet dalam interaksi pembelajarannya. Hal ini menjadi masalah besar terutama bagipara siswa, dan guru sekolah dasar yang terkedala pada jaringan internet dan kuotainternet. Penelitian ini bertujuan untuk merekayasa perangkat lunak berbasis Android danweb agar aplikasi pembelajaran terutama video pembelajaran dapat diakses meski tidakmemiliki akses internet. Hasilnya, aplikasi pembelajaran yang berbasis Android bernamaCerdasBelajar berhasil dibuat yang dapat berjalan dalam keadaan daring maupun luringdan juga dapat menggunakan website cerdasbelajar.id untuk mendapatkan kualitas videoyang lebih tinggi. Sebanyak 34 video pembelajaran dapat digunakan dalam mode luring,dan 96 video pembelajaran dalam mode daring, selain itu juga terdapat pembahasanmateri, latihan soal, dan game aritmatika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...