Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 8, No 2 (2022): May 2022

Pengaruh Motivasi Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango

Silvani Ali (Universitas Negeri Gorontalo)
Usman Moonti (Universitas Negeri Gorontalo)
Irwan Yantu (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
26 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 1 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan jumlah responden 60 responden (siswa) di SMP Negeri 1 Bulango Utara. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan regresi linier berganda selanjutnya dilakukan uji asumsi klasik. Hasil penelitian Y = 13,151 + 0,362X1 + 0,136X2. Persamaan ini mengandung arti bahwa setiap variabel terjadi perubahan (penurunan atau peningkatan) sebesar 13,151 unit pada variabel Hasil Belajar Siswa (Y) diikuti oleh perubahan (penurunan atau peningkatan) sebesar 0,362 unit variabel motivasi belajar (X1) maka diikuti oleh perubahan (penurunan atau peningkatan) sebesar 0,136 kemandirian belajar (X2). Demikian pula hasil pengujian hipotesis dilihat dari nilai sig. sebesar 0,000<0,05 menunjukkan bahwa ada pengaruh variabel Motivasi Belajar (X1) Terhadap Hasil Belajar Siswa (Y). Sedangkan hasil pengujian hipotesis dilihat dari nilai sig. sebesar 0,105>0,05 menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh variabel Kemandirian Belajar (X2) Terhadap Hasil Belajar Siswa (Y). selanjutnya hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan R Square sebesar 0,398 yang berarti bahwa sebesar 39,8% variabilitas mengenai hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Bulango Utara. Berdasarkan hasil diatas, dapat disimpulkan bahwa Motivasi Belajar berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa sedangkan Kemandirian Belajar tidak berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...