Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 8, No 2 (2022): May 2022

Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis TIK Masa Pandemi Covid-19

Moh. Rudini (Universitas Madako Tolitoli)
Ady Saputra (Universitas Borneo Tarakan)



Article Info

Publish Date
06 May 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kompetensi pedagogik guru yang masih kurang diaplikasikan dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi dimasa pandemi COVID-19 di SDN 2 Malala. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dipilih untuk melaksanakan penelitian. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan Teknik analisis data yakni mereduksi, penyajian, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sudah berkompeten (Sangat Baik) pada indikator sebagai berikut: (1)Memahami karakteristik peserta didik, (2)Menguasai teori belajar dan prinsip pembelajaran, (3)Mengembangkan kurikulum, (4)Kegiatan pembelajaran yang mendidik, (5)Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, (6)Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik serta (7)Penilaian serta evaluasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...