Journal of Classroom Action Research
Vol. 4 No. 2 (2022): Mei

Validitas Bahan Ajar IPA Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Peserta Didik

Erna Ajizah (Unknown)
Jamaluddin (Unknown)
I Putu Artayasa (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar IPA berbasis masalah yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik. Pengembangan bahan ajar IPA berbasis masalah menggunakan metode pengembangan dick & carey yang terdiri dari 10 tahap. Subjek uji coba pada penelitian adalah peserta didik kelas VIIIB SMP Islam Darussalam Bermi Kabupaten Lombok Barat. Pada uji coba terbatas, subjek terdiri dari satu kelas pada satu sekolah, sedangkan pada uji coba skala luas subjek terdiri dari dua kelas. Hasil uji validitas bahan ajar IPA berbasis masalah dilakukan oleh tiga dosen ahli Magister Pendidikan IPA memperoleh nilai rata-rata diatas 70% dengan kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar IPA berbasis masalah layak digunakan di sekolah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikpa ilmiah peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...