Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 3 No. 3 (2022): Journal On Teacher Education

Implementasi Nilai Pancasila pada Karakter Siswa SD melalui Model Problem Based Learning

Aldiansyah Siregar (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Amiruddin Amiruddin (Universitas Al-Muslim Bireuen Aceh)
Nova Purnama Sari Br. Sitepu (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Nur Atika Shofia Herman (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Rosmawani Siregar (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Siti Halimah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2022

Abstract

Model Problem Based Lerarning merupakan pembelajaran yang mengarahkan siswa kepada dunia (real), untuk memulai pembelajaran yang inovatif sehingga memberian suasana pembelajaran yang aktif kepada siswa. Tujuan dari Problem Based Learning ialah untuk mengembangkan hasil pembelajaran PKN seperti kemampuan menyelesaikan masalah yang terjadi sehingga secara tidak langsung peserta didik mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning dapat mengembangkan kinerja belajar siswa dalam pembelajaran PKN pada siswa/i di kelas IV SD Negeri 101764 Tembung. Model pembelajaran ini juga dapat mengembangan sikap aktif dan mandiri dalam diri siswa. Pengamatan ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana karakter siswa khususnya pada anak dalam model Problem Based Learning. Oleh karena itu, nilai-nilai pancasila sangat penting diterapkan pada pembelajaran PKN untuk anak SD. Dengan memusatkan perhatian siswa pada pancasila, penulis berharap nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila dapat diterapkan dengan baik dan ini menjadi awal yang baik untuk bangsa kita.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...