Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 8 No. 1 (2022): Volume 8 Nomor 01, Juni 2022

BERPIKIR SISWA REFLEKTIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH

Mubarok (STKIP Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

The purpose of this study is to describe the reflective cognitive reflective students' thinking process in solving fractional problems in terms of information processing theory. The type of research is descriptive exploratory with quantitative approach. This research was conducted in SD/MI. The subject of the study consisted of one student with a reflective cognitive style. Research instruments consist of MFFT test, TPM question, and interview guide. The results show that reflective students do not have a good ability in looking back, because they can not afford in retrieval to the mathematical concepts stored in long term memory. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa yang bergaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan masalah pecahan ditinjau dari teori pemrosesan informasi. Jenis penelitian adalah deskriptif eksploratory dengan pendekatan kualiatatif. Penelitian ini dilakukan di SD/MI. Subjek penelitian terdiri dari satu siswa dengan gaya kognitif reflektif. Instrumen penelitian terdiri dari tes MFFT, soal TPM, dan pedomana wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa reflektif tidak memiliki kemampuan yang baik dalam melihat kembali, karena tidak mampu dalam retrieval terhadap konsep matematika yang tersimpan dalam long term memory.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...