Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 8 No. 1 (2022): Volume 8 Nomor 01, Juni 2022

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN TUTUP BOTOL TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SD INPRES MINASA UPA 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Nur Inda Pratiwi (Universitas Negeri Makassar)
Rosdiah Salam (Universitas Negeri Makassar)
Nasaruddin (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran penggunaan media papan tutup botol pada siswa kelas II SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar, (2) Untuk mengetahui keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar, dan (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media papan tutup botol terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk Quasi Eksperimental Design. Desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media papan tutup botol dan variabel terikatnya adalah keterampilan membaca permulaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II dan sampelnya adalah kelas II B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 22 orang dan kelas II A sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 20 orang. Data hasil penelitian diperoleh dari lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif dan analisis data inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penggunaan media papan tutup botol pada siswa kelas II SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar dapat dikategorikan sangat efektif, (2) Keterampilan membaca permulaan siswa pada kelas eksperimen SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik, dan (3) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan media papan tutup botol terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD Inpres Minasa Upa 1 Kecmatan Rappocini Kota Makassar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...