Pendidikan orang tua berkorelasi positif dengan cara mereka mengasuh anak. Hal ini berarti makin tinggi pendidikan terakhir orang tua akan makin baik pula cara pengasuhan anak. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pendidikan orang tua siswa kelas XI Jurusan IPA MA Al-Mutmainnah kecamatan Soromandi, (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI jurusan IPA MA Al-Mutmainnah kecamatan Soromandi, (3) Untuk mengetahui pengaruh pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas XI jurusan IPA MA Al-Mutmainnah kecamatan Soromandi. Metode pengumpulan data diperoleh melalui instrumen angket dan dokumentasi nilai rapor siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dan teknik statistik inferensial. Dari hasil analisis deskriptif, pendidikan orang tua siswa diperoleh melalui instrumen angket menunjukan nilai rata-rata 72,76 dalam kategori cukup, ini menunjukan bahwa rata-rata orang tua siswa berpendidikan. Hasil belajar siswa kelas XI jurusan IPA MA Al-Mutmainnah yang didapatkan melalui nilai rapor dengan nilai tertinggi 86 dan nilai terendahnya adalah 75. Dapat disimpulkan ketuntasan belajar pada sekolah MA Al-Mutmainnah adalah ≥ 60, berarti kategori tinggi atau tuntas. hasil analisis menggunakan statistik inferensial untuk pengaruh pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas XI jurusan IPA MA Al-Mutmainnah menghitung rata-rata (ΣX.Y) adalah“211,38”. Dari hasil analisis diperoleh nilai thitung=0,95585 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 0,05 adalah 1,697. Karena thitung ttabel berarti dapat dikatakan H0 ditolak. sehingga hipótesis diterima yaitu terdapat pengaruh pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusuan IPA MA Al-Mutmiannah kecamatan soromandi.
Copyrights © 2022