JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
Vol 5, No 1: April 2022

Akreditasi Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini

Eneng Garnika (UNIVERSITAS PENDIDIKAN MANDALIKA MATARAM)
Lu'luin Najwa (Universitas Pendidikan Mandalika)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2022

Abstract

Tujuan utama dari pembelajaran pada anak usia dini, yang dicirikan dengan prinsip belajar melalui bermain adalah seoptimal mungkin menumbuhkembangkan semua potensi yang dibawa anak sejak lahir. Pendidikan pada masa usia dini merupakan tahap awal memberikan dasar-dasar pengetahuan, sikap dan beragam keterampilan bagi anak. Sesuai dengan keunikan dan pertumbuhan anak usia dini, maka penyelenggaraan pendidikan bagi anak usia dini disesuaikan dengan tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini. Keberhasilan proses pendidikan pada usia dini menjadi dasar kuatnya proses pendidikan selanjutnya. Kelembagaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Indonesia memiliki peran yang penting dalam memacu peningkatan angka partisipasi anak usia dini yang mengikuti layanan PAUD. Kendala yang masih menghambat pembangunan PAUD antara lain masih kurangnya jumlah satuan layanan PAUD yang berkualitas untuk menjangkau seluruh anak usia dini, kualifikasi dan kompetensi PTK PAUD belum memadai. Dalam mewujudkan peningkatan mutu layanan PAUD, diperlukan optimalisasi setiap potensi dari semua pemangku kepentingan. Beberapa komponen utama yang perlu dioptimalkan diantaranya, peran organisasi profesi seperti HIMPAUDI dan IGTKI, Orsosmas seperti, forum PAUD, GOPTKI, PKK, dll dapat dioptimalkan dalam pengembangan jejaring mutu penyelenggaraan dan pengelolaan satuan PAUD secara lebih efektif dan sistematis. Sedangkan perguruan tinggi dapat dioptimalkan dalam pengembangan riset, laboratorium, pelatihan maupun menjadi pusat-pusat konsultasi pengembangan PAUD.Kata Kunci: Akreditasi, Kualitas, Pendidikan Anak Usia Dini

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPIn

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti ...