Jurnal Konseling Pendidikan Islam
Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Konseling Pendidikan Islam

UPAYA MENINGKATKAN MANAJEMEN WAKTU BELAJAR MELALUI BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 PACE

Yeni Dwi Wibawaningsih (Universitas Ahmad Dahlan)
Dody Hartanto (Universitas Ahmad Dahlan)
Mufied Fauziah (Universitas Ahmad Dahlan)
Kuswindarti Kuswindarti (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2022

Abstract

Tugas utama seorang siswa di sekolah adalah belajar, hal pertama yang dibutuhkan seorang siswa adalah mampu dalam mengatur waktu untuk belajar. Namun salah satu kelemahan sebagian siswa adalah kesulitan dalam mengatur waktu untuk belajar. Seringkali masalah kekurangan waktu untuk belajar dijadikan alasan tidak terselesaikannya tugas. Padahal sesungguhnya mereka kurang memiliki keteraturan dan disiplin untuk menggunakan waktunya secara efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan bimbingan klasikal dengan metode project based learning efektif dalam meningkatkan manajemen waktu belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E SMP Negeri 2 Pace Tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 32 siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil pengujian paired sampel t-tes diperoleh nilai thitung sebesar 25,381 > 1,698 ttabel, maka H0 ditolak Ha diterima. Hal ini berarti layanan bimbingan klasikal dengan metode project based learning efektif untuk meningkatkan manajemen waktu belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pace. Adapaun besar peningkatan manajemen waktu belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pace rata-rata sebesar 11,56

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JKPI

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Al Khairat Journal of Islamic Education Counseling (JKPI-Al Khairat) is a scientific journal in the field of Guidance and Counseling in Islamic Education and Education in general which is published regularly twice a year. This journal was published by departmen Islamic Guidance and Counseling at the ...