Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan menulis bahasa Arab peserta didik pada kelas kontrol dan eksperimen, serta perbedaan kemampuan menulis bahasa Arab kedua kelas tesebut. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif bercorak positivistik berjenis kuasi experimental design menggunakan pretest - posttest control group design. Peneliti menggunakan uji t (t-test) dalam menganalisis data. Hasil Pretest pada kelas kontrol 47,50 dan kelas eksperimen 45,29. Ini menunjukkan bahwa kemampuan peseta didik dalam menulis teks bahasa Arab tergolong rendah. Selanjutnya posttest dilaksanakan setelah menggunakan bahan ajar khusus peningkatan keterampilan menulis guna mengetahui pengaruh bahan ajar yang telah peneliti desain tersebut. Posttest menunjukkan peningkatan yang signifikan yaitu dengan perolehan nilai rata-rata kelas kontrol 54,70 sedangkan kelase ksperimen mencapai angka 76,47. Uji uji hipotesis dengan t-test, diperoleh thitung 68 lebih besar dari ttabel pada taraf kesalahan 5% uji dua pihak dan dk -2 = 15 yaitu 2,131. Hal tersebut menunjukkan bahwa Hi ditolak dan Ho diterima. Maka peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa terdapat peningkatan positif dalam penerapan desain bahan ajar bahasa Arab terhadap keterampilan menulis peserta didik kelas X MAN 1 Parepare.
Copyrights © 2022