Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol 4, No 1 (2022): Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Hubungan antara Kegiatan Bermain Benda Alam terhadap Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia Dini (Penelitian di Kelompok B1 RA Al-Wafi Panyileukan Kota Bandung)

Nurfitriyani Nurfitriyani (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Aam Kurnia (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Syam’iyah Syam’iyah (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realitas kegiatan bermain benda alam, realitas kemampuan mengenal angka anak usia dini, hubungan antara kegiatan bermain benda alam terhadap kemampuan mengenal angka anak usia dini di kelompok B1 RA Al-Wafi Panyileukan Kota Bandung. Metode  penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelompok B1 RA Al-Wafi Panyileukan Kota Bandung pada Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 18 anak. Hasil analisis pada kegiatan bermain benda alam diperoleh nilai rata-rata sebesar 84. Angka tersebut berada pada interval 80 – 100 dengan kategori sangat baik. Sedangkan, kemampuan mengenal angka anak usia dini diperoleh nilai rata-rata sebesar 76. Angka tersebut berada pada interval 70 – 79 dengan kategori baik. Hubungan antara kegiatan bermain benda alam terhadap kemampuan mengenal angka anak usia dini diperoleh harga koefisien korelasi melalui rumus Spearman Rank (  sebesar 0,71. Angka koefisien korelasi ini termasuk pada kategori kuat karena berada pada interval 0,600-0,799. Hasil uji signifikansi diperoleh  = 4,0329 ˃ harga  = 2,120. Artinya hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Dengan kata lain, kegiatan bermain benda alam memiliki hubungan positif yang signifikan dengan kemampuan mengenal angka anak usia dini di Kelompok B1 RA Al-Wafi Panyileukan Kota Bandung. Adapun kontribusi/pengaruh kegiatan bermain benda alam terhadap kemampuan mengenal angka anak usia dini sebesar 50,41%. Hal ini menunjukkan terdapat 49,59% faktor lain yang mempengaruhi kemampuan mengenal angka anak usia dini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

thufuli

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini is a journal that focuses on the critical study of early childhood Islamic education. Includes the results of the investigation of the dynamics of learning in the perspective of the scientific field of early childhood Islamic education. The ...