Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol 4, No 1 (2022): Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN MODIFIKASI BOLA BASKET

Machfudoh Alfianing Dewi (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Tety Ratnasih (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motorik kasar anak kelompok B di RA Bustanul Aulad pada setiap siklus, karena stimulus fisik motrik kasar di BA tersebut belum optimal. Fisik motorik kasar harus di stimulus agar perkembangan anak seimbang mengingat minimnya fasilitas public pada era sekarang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek atau respoden dalam penelitian ini adalah anak kelompok B1 RA Bustanul Aulad yang berjumlah 13 orang pada tahun 2018/2019. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa keterampilan motorik kasar anak melalui permainan modifikasi bola basket sebelum dilakukan tindakan memperoleh nilai rata-rata 33,07 dengan kriteria kurang sekali. Proses penerapan permainan modifikasi bola basket dilihat dari aktivitas guru dan anak, pada siklus I aktivitas guru mencapai 74,99% dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat menjadi 93,18% dengan kriteria sangan baik. Demikian pula pada aktivitas anak siklus I mencapai 66,44% dengak kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi 91,44% dengan kriteria sangat baik. Adapun pada siklus I kemampuan motorik kasar anak memperoleh nilai rata-rata 50,23 dengan kriteria kurang dan siklus II meningkat menjadi 75,30 dengan kriteria baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

thufuli

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini is a journal that focuses on the critical study of early childhood Islamic education. Includes the results of the investigation of the dynamics of learning in the perspective of the scientific field of early childhood Islamic education. The ...