Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motorik kasar anak kelompok B di RA Bustanul Aulad pada setiap siklus, karena stimulus fisik motrik kasar di BA tersebut belum optimal. Fisik motorik kasar harus di stimulus agar perkembangan anak seimbang mengingat minimnya fasilitas public pada era sekarang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek atau respoden dalam penelitian ini adalah anak kelompok B1 RA Bustanul Aulad yang berjumlah 13 orang pada tahun 2018/2019. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa keterampilan motorik kasar anak melalui permainan modifikasi bola basket sebelum dilakukan tindakan memperoleh nilai rata-rata 33,07 dengan kriteria kurang sekali. Proses penerapan permainan modifikasi bola basket dilihat dari aktivitas guru dan anak, pada siklus I aktivitas guru mencapai 74,99% dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat menjadi 93,18% dengan kriteria sangan baik. Demikian pula pada aktivitas anak siklus I mencapai 66,44% dengak kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi 91,44% dengan kriteria sangat baik. Adapun pada siklus I kemampuan motorik kasar anak memperoleh nilai rata-rata 50,23 dengan kriteria kurang dan siklus II meningkat menjadi 75,30 dengan kriteria baik.
Copyrights © 2022