Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Vol 7, No 2 (2022): Edisi April 2022

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Excel pada Materi Gerak Parabola SMA

I Gusti Ngurah Putu Sutama Ari (Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Halu Oleo)
La Sahara (Universitas Halu Oleo)
La Tahang (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
29 May 2022

Abstract

Media pembelajaran interaktif pada materi gerak parabola dibuat dan dikembangkan menggunakan aplikasi Microsoft Excel dengan berbantuan fitur macro visual basic for application (VBA). Media pembelajaran interaktif yang dikembangkan ini tidak hanya menyajikan materi dalam bentuk teks bacaan, tetapi sudah dilengkapi dengan animasi dan simulasi yang dapat menunjukkan secara langsung gejala-gejala fisika yang sedang dipelajari dalam hal ini adalah gerak parabola. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran baik di dalam kelas maupun mandiri. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan (research and development). Kelayakan dari media yang dikembangkan dilihat berdasarkan 3 aspek diantaranya, yaitu kevalidan, keefektifan dan kepraktisan. Berdasarkan hasil uji validasi yang dilakukan oleh 3 orang validator Ahli materi/isi yang memvalidasi pada aspek materi dan Ahli media/IT yang memvalidasi pada aspek tampilan dan program. Hasil validasi pada aspek materi diperoleh nilai rerata sebesar “4,30” dengan kategori yang ditunjukkan yaitu “sangat valid” sedangkan untuk penilaian pada aspek tampilan dan program diperoleh nilai rerata sebesar “4,14” dengan kategori yang ditunjukkan yaitu “sangat valid”. Penilaian juga dilakukan oleh guru mata pelajaran Fisika pada aspek pembelajaran dan materi dengan nilai rerata yang diperoleh sebesar “4,13” dengan kategori yang ditunjukkan yaitu “sangat baik”. Setelah media divalidasi dan dinyatakan valid untuk digunakan, selanjutnya media diuji cobakan pada 15 orang peserta didik guna melihat keefektifan media sebelum dan setelah digunakan dalam proses pembelajaran dengan hasil yang ditunjukkan berdasarkan uji n-Gain diperoleh nilai “0,58” dengan kategori peningkatan “sedang” dan presentase keefektifan media yang diperoleh sebesar 60%. Kepraktisan media diperoleh berdasarkan lembar respon guru dan peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran dengan hasil yang ditunjukkan untuk respon guru diperoleh nilai rerata sebesar “4,18” dengan kategori yang ditunjukkan yaitu “baik” sedangkan untuk hasil respon peserta didik diperoleh nilai rerata sebesar “3,36” dengan kategori yang ditunjukkan yaitu “sangat baik”. Berdasarkan hasil uji validasi, keefektifan dan kepraktisan yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPFI

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika is a Scientific Journal published by the Jurusan Pendidikan Fisika of the Teaching and Education Faculty of Halu Oleo University with a period of 4 (four) times a year, namely the January, April, July and November periods. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika ...