Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan
Vol 5 No 1 (2022): Sustainable

Upaya Pengembangan Number Sense Siswa Melalui Kurikulum Merdeka (2022)

Mahfudz Reza Fahlevi (IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2022

Abstract

Number sense merupakan salah satu kemampuan fundamental siswa yang harus dapat dukungan disepanjang pendidikan mereka. Upaya mengembangkan number sense menjadi penting karena dapat membantu siswa mencapai kemampuan matematika di tingkat tinggi, selain itu number sense juga dapat menjembatani siswa untuk meningkatkan salah satu komponen yang dinilai AKM, yakni numerasi. Berdasarkan hasil kajian pustaka, ditemukan berbagai kendala untuk mengembangkan number sense. Salah satu penyebab yang diyakini adalah karena dukungan kurikulum sebelumnya masih belum optimal. Hadirnya Kurikulum Merdeka yang menjadi salah satu dari tiga pilihan kurikulum bagi satuan pendidikan dapat menjadi sudut pandang baru dalam mengatasi permasalahan pembelajaran yang ada, salah satunya permasalahan number sense. Dengan menggunakan pendekatan studi pustaka, penelitian ini menawarkan hasil telaah secara teoritis tentang bentuk dukungan dalam Kurikulum Merdeka untuk mengembangkan number sense siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sus

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Sustainable Journal is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by the Quality Assurance of Bangka Belitung State Islamic Institute (LPM - IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung). Sustainable Journal is providing a platform that welcomes and acknowledges ...