JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik
Vol 3, No 3 (2022)

Meningkatkan Literasi Keuangan Melalui Program What If pada Murid SMAN 1 Sigaluh Banjarnegara

Gridita Dwi Pratiwi (Institut Pertanian Bogor)
Ayu Hidayati Munasyiroh (Institut Pertanian Bogor)
Monika Ristana Limbong (Institut Pertanian Bogor)
Asmi Devi Azizah (Institut Pertanian Bogor)
Annisa Farradila (Institut Pertanian Bogor)
Ali Mutasowifin (Institut Pertanian Bogor)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2022

Abstract

Program “What If” mengajarkan materi literasi keuangan dengan mengacu pada “Buku Literasi Keuangan untuk Sekolah Menengah Atas” yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Model dan media pembelajaran ini didesain sesuai dengan kebutuhan siswa SMAN 1 Sigaluh. Pelaksanaaan program “What If” diikuti oleh 14 siswa SMA N 1 Sigaluh yang berasal dari kelas 12. Media pembelajarannya beragam, yaitu menggunakan google classroom, video conference, WhatsApp dan website “https://pkmwhatif.com/”. Program “What If” merupakan inovasi dari pembelajaran perencanaan keuangan pada siswa SMA dengan metode konsekuensi dan risiko, sehingga membantu dalam memahami pengambilan keputusan keuangan yang baik. “What If” berhasil meningkatkan literasi keuangan, sehingga yang well literate menjadi 78,84 %. Selain itu, tingkat inklusi keuangan menjadi sebesar 88,75%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jira

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JIRA merupakan Jurnal dengan lingkup Kegiatan Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas, Lesson Study, Pengembangan Media Pendidikan dan Pemanfaatan Teknologi Terkini. Mendapatkan naskah penelitian bidang Pendidikan, terkait dengan: - Penelitian Tindakan Kelas & Lesson Study - Riset Kualitatif dan ...