ASANKA: Journal of Social Science And Education
Vol 3, No 1 (2022)

Peran Pendampingan Orang Tua dalam Pembelajaran PPKN secara Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKN

Nurul Kholifah (Universitas PGRI Madiun)
Teja Insyaf Sukariyadi (Universitas PGRI Madiun)
Yuni Harmawati (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendampingan orang tua dalam pembelajaran PPKn secara daring untuk meningkatkan hasil belajar PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dimasa pandemi covid-19 proses pembelajaran dilakukan secara daring. Orang tua dirumah dituntut layaknya menjadi guru bagi anak-anaknya. Orang tua siswa kelas 8E SMPN 4 Saradan memiliki persepsi tentang pembelajaran daring adalah belajar yang dilakukan dirumah dengan menggunakan handphone dan anak diberi tugas dan kemudian dikumpulkan disekolah. Secara umum, peran pendampingan yang dilakukan oleh orang tua yaitu meliputi menyediakan fasilitas belajar yang memadai yaitu alat tulis dan wifi, mengawasi kegiatan belajar anak, mengawasi penggunaan waktu belajar, melihat tugas yang diberikan dan bertanya kepada anak sudah mengerjakan tugasnya atau belum, dan mengajari anak jika ada yang tidak bisa. Peran pendampingan orang tua yang dilakukan secara maksimal akan meningkatkan hasil belajar. Namun, dalam melakukan pendampingan belajar orang tua mengalami kesulitan dalam hal kurang memahami materi, pekerjaan dan usia. Solusi ketika orang tua tidak dapat melakukan pendampingan yaitu dengan meminta anak untuk mencari jawaban di internet, bertanya ke guru yang bersangkutan dan bertanya ke teman sebaya. ABSTRACTThis study aims to determine the role of parental assistance in online Civics learning to improve Civics learning outcomes.This research is a descriptive research with a qualitative approach. During the COVID-19 pandemic, the learning process is carried out online. Parents are required to be at home as teachers for their children. Parents of grade 8E students at SMPN 4 Saradan have a perception that online learning is learning that is done at home using mobile phones and children are given assignments and then collected at school. In general, the mentoring role carried out by parents includes providing adequate learning facilities, namely stationery and wifi, supervising children's learning activities, supervising the use of study time, seeing the assignments given and asking children whether they have done their work or not, and teaching children. if anything can't. The role of parental assistance that is carried out optimally will improve learning outcomes. However, in providing learning assistance, parents have difficulty in understanding the material, occupation and age. The solution when parents cannot provide assistance is to ask children to look for answers on the internet, ask the teacher in question and ask their peers. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

asanka

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Journal of Social Science and Education [e-ISSN 2722-9998 | p-ISSN 2723-0007] is a journal research published by Institute for Social Science And Education, State Islamic Institute of Ponorogo. This journal first published in 2020 to facilitate the publication of research and articles. ASANKA ...