JURNAL PENDIDIKAN SAINS SOSIAL DAN AGAMA
Vol. 8 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama

Analisis Peran Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi Terhadap Motivasi Guru SMK Swasta di Kecamatan Taman Pemalang

Dharmiastuti Dharmiastuti (Program Studi Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Semarang)
Ngurah Ayu Nyoman Murniati (Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah)
Noor Miyono (Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah)
Akhyat Hidayat (SMK Negeri 1 Sragi)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh 3 variabel utama yang sekaligus menjadi 3 tujuan penelitian, yaitu melihat pengaruh peran kepala sekolah terhadap motivasi kerja, iklim organisasi terhadap motivasi kerja, dan pengaruh kedua variabel secara bersamaan terhadap motivasi kerja guru tetap yayasan pada SMK swasta di Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan sampel 110 guru yang diambil secara acak dari total populasi sejumlah 152 guru yang tersebar di 3 sekolah, yang keseluruhan pengujian data dan hipotesis menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan peran kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru sebesar 16,8%, pengaruh signifikan iklim organisasi terhadap motivasi kerja guru sebesar 34,2%, dan pengaruh signifikan keduanya secara bersamaan terhadap motivasi kerja guru sebesar 42,1% dengan persamaan Ŷ= 78,585 + 0,460 X1 + 0,629 X2. Oleh karena itu kepala sekolah diharapkan untuk senantiasa mendorong dan menggerakkan guru dalam motivasi kerjanya guna meningkatkan prestasi kerja, malalui program penghargaan, uang pembinaan atau piagam bagi guru yang berprestasi. Kata kunci: Peran Kepala Sekolah; Iklim Organisasi; Motivasi Kerja; Sekolah Menengah Kejuruan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PSSA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN, SAINS SOSIAL, DAN AGAMA is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing research articles focusses on: 1. Teaching method 2. Instructional methods 3. Instructional strategy 4. Instructional materials development 5. Experiment, ...