Keterbatasan peralatan laboratorium dan alat bantu ajar sebagai media pembelajaran fisika dan pemahaman konsep membutuhkan penerapan pembelajaran yang efektif terhadap bahan sumber energi dengan bantuan alat peraga untuk mengembangkan prototipe pembangkit listrik tenaga gelombang laut (PLTGL) dengan sistem reduksi ganda yang dapat membantu siswa dan guru dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan memotivasi antusiasme siswa untuk belajar dengan bantuan prototipe alat bantu mengajar sebagai media pembelajaran yang kreatif, inovatif, menyenangkan dan berlaku. Materi sumber energi terbarukan dengan model pembelajaran dan pembelajaran kontekstual (CTL). Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimental, yang dilakukan di salah satu SMA di Kota Bima kelas XII MIPA untuk tahun akademik 2021/2022 dengan 50 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini dilakukan dengan dokumentasi dan pertanyaan tentang penggunaan teknik uji statistik parametrik t-test varians yang disurvei. Hasil yang diperoleh adapun perbandingan data kelas eksperimen dengan kelas kontrol adalah nilai rata-rata 91,46 : 67,73, varians 46,36 : 117,34 dan tingkat signifikan P (T< = t< = t) satu pihak = 1,406 x 10 - 12 : P (T< = t) dua pihak = 2,812 x 10 -12. Pemahaman siswa sangat baik setelah menggunakan alat peraga pengembangan prototipe, sehingga berdampak pada hasil belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022