Penelitian in bertujuan untuk mengetahui permasalahan dan menemukan solusi pada siswa kelas V mata pelajaran IPS materi peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan di MI Mambaul Ulum Kasri Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang. Permasalahan yang dihadapi yaitu penggunaan metode yang digunakan guru kurang bervariasi karena guru menyampaikan materi dengan ceramah sehingga siswa pasif dan berdampak pada hasil belajar yang rendah. Maka dari itu peneliti menerapkan metode simulasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS materi peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan. Pelaksanaan penelitian ini dibuat dalam 2 siklus yangterdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan penelitian (planning), tahap pelaksanaan tindakan (acting), tahap pengamatan (observasi) dan tahap refleksi (reflecting). Pada siklus I dilaksanakan dengan perolehan hasil belajar dari 29 siswa terdapat 20 siswa (69%) masuk pada kriteria tuntas sedangkan yang belum tuntas mencapai 9 siswa (31%). Sedangkan pada pelaksanaan siklus II mengalami peningkatan yang sangat signifikan dengan jumlah ketuntasan sebanyak 23 siswa (79%). Sedangkan yang belum tuntas sebanyak 6 siswa (21%). Sehingga dari kegiatan Penelitian Tindakan Kelas ini dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa sudah mengalami peningkatan.
Copyrights © 2022