Pembelajaran daring merupakan pembelajaran alternatif pada masa pandemi covid-19, namun pada proses pembelajaran daring terdapat berbagai macam kesulitan yang dihadapi oleh siswa sehingga menimbulkan berbagai persepsi tentang pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi siswa tentang pembelajaran daring terhadap motivasi berprestasi, (2) pengaruh persepsi siswa tentang pembelajaran daring terhadap keaktifan belajar siswa, (3) pengaruh persespsi siswa tentang pembelajaran daring terhadap motivasi berprestasi dan keaktifan belajar siswa, dan (4) pengaruh motivasi berprestasi terhadap keaktifan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan yaitu kuesioner, sedangkan untuk analisis data peneliti menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis korelasi kanonikal dengan bantuan SPSS versi 16.0. Hasil dari penelitian ini secara umumnya menunjukkan bahwa terdapat pengaruh persepsi siswa tentang pembelajaran daring terhadap motivasi berprestasi dan keaktifan belajar siswa. ABSTRACT Online learning is an alternative learning during the covid-19 pandemic, but in the online learning process there are various kinds of difficulties faced by students, giving rise to various perceptions about online learning. This study aims to determine (1) the effect of students’ perceptions of online learning on achievement motivation, (2) the influence of students’ perceptions of online learning on student learning activities, (3) the influence of students’ perceptions of online learning on achievement motivation and student learning activities, (4) the influence of achievement motivation on student learning activities. This research is acorrelation research with a quantitative approach, the method used is a questionnaire, while for data analysis the researcher uses simple regression analysis and canonical correlation analysis with the help of SPSS version 16.0. The results of this study indicate that there is an influence of students’ perceptions about online learning on achievement motivation and student learning activity.
Copyrights © 2022