COVID-19 telah menyebar ke seluruh dunia dalam dua tahun terakhir, mengurung orang di rumah mereka dan menutup bisnis dan pasar. Dunia saat ini sedang mengalami krisis ekonomi dan sosial yang dahsyat. Untuk memberi manfaat bagi orang dan untuk melindungi mereka, industri menciptakan produk baru. Produk-produk ini dibuat oleh usaha kecil dan menengah di seluruh dunia. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis dampak pandemi COVID-19 terhadap adopsi E-commerce melalui strategi inovasi terbuka dan hasil review menunjukkan bahwa persepsi kompatibilitas dan kompleksitas memiliki pengaruh positif terhadap adopsi E-commerce. Dalam keadaan normal, bagaimanapun, model inovasi terbuka adalah layak. Berbagi pengetahuan dan pengalaman dan sikap manajemen memiliki dampak moderat pada adopsi E-commerce. Hasil ini bermanfaat bagi para peneliti dan pengelola UKM mengatasi tantangan pandemi COVID-19 dan meningkatkan jumlah tenaga terampil yang dipekerjakan. Studi ini menyarankan bahwa UKM harus mempekerjakan pekerja terampil untuk meningkatkan sistem mereka.
Copyrights © 2022