Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan modul, merancang prototipe modul, mengevaluasi modul pada tema sehat itu penting terintegrasi ayat-ayat Al-Quran pada kelas V MIN 4 Tana toraja. Penelitian ini menggunakan metode 4D yang dilakukan sekolah MIN 4 Tana. Jenis penelitian ini adalah R&D yang berfokus pada pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MIN 4 Tana toraja dan objeknya adalah modul tema sehat itu penting (subtema peredaran darahku sehat). Data dalam penelitian dikumpulkan melalui angket dan wawancara. Dari hasil analisis kebutuhan bahwa pendidik MIN 4 Tana Toraja belum menggunakan bahan ajar berupa modul saat proses pembelajaran oleh karenanya penulis mengembangkan dan menghasilkan modul tema sehat itu penting terintegrasi ayat-ayat Al-quran sebagain alat bantu dalam belajar. Modul yang telah dibuat selanjutnya divalidasi oleh 3 ahli validator diantaranya ahli materi/desain, validator bahasa, dan validator agama. Hasil validasi kemudian dianalisis untuk mengetahui kevalidan produk yang telah ditotalkan dan bernilai sangat valid dengan presentase 89% hasil dibuktikan dengan nilai dari ahli materi/desain 87% nilai dari ahli agama, dan nilai dari ahli bahasa 72%.
Copyrights © 2022