Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas manajemen pembelajaran online melalui learning management system (LMS) berbasis Moodle. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode ex post facto dan survei yang dilakukan kepada 275 mahasiswa yang mengikuti pembelajaran online menggunakan Moodle dalam kurun waktu September 2021 hingga Januari 2022. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa sebanyak 119 mahasiswa menyatakan manajemen pembelajaran online yang dilakukan melalui Moodle terasa efektif. Hal ini karena Moodle dirasa sangat mudah untuk digunakan dan alur pembelajaran terasa tertata rapi sehingga tidak menimbulkan kebingungan pada mahasiswa saat hendak melakukan pembelajaran. Selain itu, sebanyak 68 mahasiswa menyatakan bahwa Moodle sangatlah efektif dalam hal manajemen pembelajaran online karena platform ini mampu menyediakan fitur seperti presensi terjadwal yang memastikan mahasiswa harus mengakses pembelajaran tepat waktu serta fitur restrict access yang mengharuskan mahasiswa menyelesaikan kegiatan (task) sebelumnya untuk dapat mengakses kegiatan (task) berikutnya. Sedangkan sebanyak 76 mahasiswa masih menyatakan ragu-ragu karena dalam pembelajaran online mereka masih terkendala teknis seperti kuota dan jaringan internet yang buruk. Sisanya, menyatakan Moodle belum efektif karena kendala teknis lainnya, seperti perangkat mereka yang belum memadai.
Copyrights © 2022