Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan butir-butir tes instrumen penilaian untuk ketiga RPP jenjang pendidikan SMA pada KD 3.11 dan 4.11, serta merekonstruksi butir-butir tes yang menggambarkan aspek pengetahuan dan keterampilan. Metode yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan teknik panel. Hasil yang diperoleh adalah, (1) RPP pertama ditinjau dari pengetahuan dan keterampilan dari segi konstruksi belum menampilkan tabel atau gambar untuk mendukung soal dan aspek materi dan bahasa sudah baik. (2) RPP kedua pengetahuan dan keterampilan dari segi konstruksi belum menampilkan tabel atau gambar untuk mendukung soal dan aspek materi dan bahasa sudah baik. (3) RPP ketiga telah menunjukkan penilaian aspek pengetahuan tentang materi yang tidak sesuai dengan materi, seperti materi yang ditanyakan tidak sesuai dengan kompetensi (urgensi, relevansi, kontinuitas, penggunaan sehari-hari yang tinggi) , tidak sesuai dengan jenjang jenis sekolah atau jenjang kelas . Dari segi konstruksi, tidak ada pedoman penilaian dan menampilkan tabel atau gambar untuk mendukung pertanyaan, dan pada nomor dua, tidak menggunakan kata tanya yang menuntut deskripsi jawaban. Penggunaan bahasa dalam RPP ketiga ini sudah tepat dan baik. Aspek keterampilan dalam hal konstruksi belum menampilkan tabel atau gambar untuk mendukung pertanyaan dan pedoman penilaian.
Copyrights © 2022