STAND : Journal Sports Teaching and Development
Vol 3 No 1 (2022): STAND : Journal Sports Teaching and Development

MODIFIKASI KARDUS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKONG SISWA SEKOLAH DASAR

Dwi Retno Aryaningtyas (MTsN 1 Lamongan)
Ismawandi B.P (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh modifikasi pembelajaran menggunakan media karton terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok di kelas VI SD Negeri Sidomukti III Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang berfokus pada “Two Groups Pretest Posttest Design”, yaitu desain penelitian yang berisi pre-test sebelum diberikan treatment dan post-test setelah diberikan treatment. Penelitian ini menggunakan metode analisis data statistik dengan rumus yang digunakan adalah uji T. Berdasarkan penelitian ini dapat dinyatakan bahwa dari kedua kelompok terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar keterampilan lompat jauh gaya jongkok melalui modifikasi pembelajaran menggunakan media karton. Bila dibandingkan jumlah selisih dari masing-masing kelompok tersebut, rata-rata jumlah selisih pada kelompok latihan yang menggunakan modifikasi (kelompok eksperimen) rata-rata adalah 1,850, dan rata-rata posttest adalah 2,70 dan nilai t-hitung pada kelompok eksperimen 5,075 dan nilai probabilitas 0,000 yang berarti ada perbedaan sebelum dan sesudah pemberian pelatihan modifikasi pembelajaran menggunakan media karton terhadap keterampilan lompat jauh gaya jongkok pada kelompok eksperimen

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

stand

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of sport Jurnal STAND Jurnal Penelitian Pembelajaran particularly focuses on the main problems in the development of the sciences ofsport areas as follows: ...