Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variable (SPLDV) Kelas VIII SMPN 48 Makassar yang di tinjau dari gaya kognitif Field-Indpendent (FI) dan Field-Dependent (FD). jenis penelitian ini adalah penelitian deskriktif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes Group Embedded Figures Test (GEFT) Untuk mengukur gaya kognitif siswa dan tes kemampuan berpikir kritis serta teknik non tes berupa wawancara. Hasil tes dan wawancara di analisis berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis yaitu: interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dari 17 siswa yang mengikuti tes GEFT, sebanyak 9 siswa yang memiliki gaya kognitif FI dan 8 siswa yang bergaya kognitif FD. (2) siswa bergaya kognitif FI pada soal nomor satu dan soal nomor dua menguasai ke empat indikator berpikir kritis (interpretasi, analisisis, evaluasi dan inferensi); (3) Siswa FD pada soal nomor satu mampu menguasai 3 indikator berpikir kritis (interpretasi, analisisis dan evaluasi) adapun pada soal nomor dua hanya mampu menguasai satu indikator berpikir kritis (interpretasi).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022