The aimed of this research is to describe the method of learning by using Internet-based discussion groups in schools to increase the students' attitudes nationalism in teaching history and describing the increase in the students historical knowledge. This research is a classroom action research (CAR), which consists of three cycles, each cycle consisting of four activities include planning, implementation, observation, and reflection. Data collection techniques used observation, questionnaires, and tests. Based on the results showed that the use of Internet-based discussion group accompanied by images of nationalism can increase the students' attitudes and historical knowledge.Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran dengan menggunakan diskusi kelompok berbasis internet (hotspot) di sekolah untuk meningkatkan sikap nasionalisme siswa dalam pembelajaran sejarah dan sekaligus mendeskripsikan peningkatan pengetahuan kesejarahan siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada 36 siswa kelas XII.IPS.4 semester ganjil di SMA Negeri 5 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012 / 2013. Metode dalam penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas dengan 3 siklus, pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan lembar observasi, angket dan tes hasil belajar. Berdasarkan data-data dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan diskusi kelompok berbasis internet dapat meningkatkan sikap nasionalisme siswa dan pengetahuan kesejarahan.Kata kunci: diskusi, sikap, prestasi
Copyrights © 2013