Jurnal Sinestesia
Vol. 12 No. 1 (2022)

Self dan Guided Discovery Learning Serta Pengaruhnya Terhadap Capaian Pembelajaran di Perguruan Tinggi

Firdaus Hendry Prabowo Yudho (Universitas Suryakancana)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh Self Discovery Learning dan Guided Discovery Learning terhadap pencapaian mata kuliah Ilmu Gizi Olahraga di Perguruan Tinggi, dengan subjek mahasiswa sebanyak 40 orang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre-test posttest time series design dengan 8 kali pertemuan tatap muka menggunakan metode SDL, dan 8 pertemuan lainnya menggunakan GDL. Tes yang dilaksanakan yakni pretest, posttest 1 dan posttest 2, untuk mendapatkan data capaian dari kedua metode yang berbeda. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa pengaruh GDL lebih signifikan dari pada metode SDL pada perbandingan uji T berpasangan dari ketiga data ujian yang dilakukan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal sinestesia publishes articles in the field of learning, education, literature, linguistics, and ...