MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal)
Vol 5, No 1 (2022): Mahatani : Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal)

PERAN NILAI PELANGGAN DALAM MEMEDIASI HUBUNGAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA PETANI KARET

Maulia Nur Afifah (Universitas Riau)
Shorea Khaswarina (Universitas Riau)
Yeni Kusumawaty (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh strategi pasar dan strategi bauran pemasaran terhadap kinerja pemasaran yang dimediasi oleh nilai pelanggan. Penelitian dilakukan pada petani karet rakyat di Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau dengan jumlah sampel sebanyak 36 responden yang dipilih secara Random Sampling. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SmartPLS 3.0 dan Uji Sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pasar dan strategi bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap nilai pelanggan, strategi pasar dan strategi bauran pemasaran tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran, nilai pelanggan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran, dan strategi pasar melalui nilai pelangan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Sedangkan, strategi bauran pemasaran melalui nilai pelanggan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MJA

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Mahatani : Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal) diterbitkan oleh Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Garut. Jurnal MAHATANI terbit tiap 6 bulan sekali (Bulan Juni dan Desember). Jurnal Mahatani merupakan media publikasi memuat hasil penelitian ...