FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 5 No 1 (2022): FARABI

Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Peer Teaching

Rifka Hadia Lubis (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al Washliyah Sibolga/Tapanuli Tengah)
Fauziah Nur Simamora (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al Washliyah Sibolga/Tapanuli Tengah)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi tentang pengaruh kemampuan koneksi matematika siswa dengan menggunakan metode pembelajaran peer teaching. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain Pretes Postes control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA N 1 MATAULI PANDAN. Sampel kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 7 di SMA N 1 MATAULI PANDAN Tahun pelajaran 2021/2022. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan memberikan tes dalam bentuk soal pilihan ganda. Penelitian ini melibatkan 2 kelompok subjek yaitu Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kedua kelompok mendapat tes kemampuan awal (pre-test) untuk mengetahui apakah kedua kelompok tersebut memiliki kemampuan yang sama. Dari hasil pembahasan perhitungan normalitas dengan menggunakan analisa grafik Histogram, menunjukkan bahwa model regresi tidak menyalahi asumsi normalitas yaitu berbentuk lonceng sehingga grafik histogram untuk variabel koneksi matematika dapat disimpulkan memiliki tingkat normal. Dengan demikian keseluruhan butir soal variabel X dan Y di atas dinyatakan valid. Secara spesifik dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan koneksi matematika siswa kelas XI SMA di SMA N 1 MATAULI PANDAN sebelum diterapkannya metode pembelajaran peer teaching hanya sebesar 50,64. Rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X SMA Melati Binjai setelah diterapkannya metode pembelajaran peer teaching meningkat dari 50,64 menjadi 78,50. Dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran peer teaching terhadap kemampuan koneksi matematika siswa kelas XI di SMA N 1 MATAULI PANDAN Tahun Pelajaran 2021/ 2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMPM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Mathematics

Description

FARABI; Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (JMPM) menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian, artikel review, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan matematika dan terapan. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, mahasiswa, profesor, dan peneliti, yang akan ...