Cedera ankle merupakan cedera pada pergelangan kaki yang muncul akibat ikatan ligamen, yaitu urat yang mengikat tulang mengalami peregangan atau robekan yang berlebihan. Peregangan yang cukup keras sehingga membuat ligamen terkilir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh cedera ankle pada saat pembelajaran pendidikan jasmani terhadap psikologi siswa-siswi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode angket. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IPA dan IPS Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi. Di dalam angket tersebut terdapat 15 butir pertanyaan yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan Skala Likert sehingga responden dapat menentukan pilihannya atas pertanyaan yang tersedia di angket. Hasil penelitian yang diperoleh melalui analisa Skala Likert menunjukkan bahwa 22,47% siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi sangat tidak setuju, 22,67% tidak setuju, 12,80% ragu-ragu, 27,07% setuju, 15,00% sangat setuju cedera ankle berpengaruh terhadap psikologi siswa-siswi itu sendiri. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi mayoritas “Setuju” cedera ankle berpengaruh terhadap psikologi siswa.
Copyrights © 2022