Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains
Vol 2 No 2 (2022): Volume 2 Nomor 2, Juni 2022

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID-19

Alfin Agung Azhar (UIN Sumatera Utara)
Bayu Prabowo (UIN Sumatera Utara)
Muhammad Nasir (UIN Sumatera Utara)
Yuli Anisyah Hasibuan (UIN Sumatera Utara)
Muhammad Taufiq Azhari (UIN Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Kehadiran Virus Corona membuat segala aktivitas kita mengalami perubahan rutinitas, termasuk dalam hal pendidikan. Dulu pembelajaran disekolah dilaksanakan secara tatap muka, akan tetapi saat ini kegiatan pembelajaran harus dilakukan secara online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar efektivitas pembelajaran secara daring dimasa pandemi covid 19 bagi siswa/siswi SMA Darussalam Kota Medan. Penelitian ini menggunakan model Kualitatif dengan metode survei dan kuisioner melalui googleform. Responden dari penelitian ini hanya berjumlah 24 siswa/siswi (1 kelas) dikarenakan sedang adanya pelaksanaan Ujian Akhir Semester. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 98% siswa/siswi menginginkan pembelajaran secara tatap muka, sedangkan hanya 2% saja Siswa yang menginginkan pembelajaran daring, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring secara terus menerus selama masa pandemi ini kurang efektif. Kata Kunci: Pembelajaran Daring; Covid-19; Siswa.   ABSTRACT       The presence of the Corona Virus has made all our activities experience changes in routine, including in terms of education. In the past, learning in schools was carried out face-to-face, but now learning activities must be carried out online. The purpose of this study was to find out how much effective online learning is during the covid 19 pandemic for Darussalam High School students, Medan City. This study uses a qualitative model with survey methods and questionnaires through google form. Respondents from this study only amounted to 24 students (1 class) due to the implementation of the Semester Final Examination. The results of this study indicate that 98% of students want face-to-face learning, while only 2% of students want online learning, so it can be concluded that continuous online learning during this pandemic is less effective.  Keywords: Online Learning; Covid-19; Students.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

algebra

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains dikelola dan diterbitkan oleh Tim Riset YANA dibawah Yayasan Amanah Nur Aman. Algebra : jurnal pendidikan, sosial dan sains berdiri sejak tahun 2021 dan terbit 4 edisi setiap tahun yaitu pada bulan Maret, Juni, September dan ...