Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta didik berbicara bahasa Inggris. Guru menggunakan metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share dalam melakukan percakapan pendek tentang meminta dan memberi informasi. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini, dimulai dari penyusunan studi kasus (case study). Guna mengoptimalkan penelitian dan pengumpulan data peneliti dibantu oleh seorang guru bahasa Inggris sebagai guru mitra yang bertugas sebagai observer pada penelitian ini. Dalam penelitian tindakan, dilakukan penjajakan awal untuk mengetahui situasi dan kemampuan peserta didik sebelum pelaksanaan tindakan. Pengenalan situasi awal ini merupakan bagian dari perencanaan. Berdasarkan perencanaan itu dilakukan tindakan, observasi dan refleksi. Peningkatan kualitas pembelajaran diikuti pula oleh peningkatan hasil belajar siswa pada materi percakapan meminta dan memberi informasi yang diajarkan. Analisis hasil belajar menunjukan bahwa 18 dari 22 siswa yang dikenakan tindakan memperoleh hasil belajar 70 keatas dan dinyatakan tuntas belajar. Ketuntasan ini juga terjadi pula pada materi yang diajarkan, karena dari 5 butir soal yang diberikan pada akhir pembelajaran siklus II, hamper seluruhnya dinyatakan tuntas dengan daya serap 70% keatas untuk setiap butir soal. Dari hasil pengamatan dan interpretasi data pada penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif think pair share pada pembelajaran ketrampilan berbicara tentang percakapan meminta dan member informasi dalam bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa.
Copyrights © 2022