Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian
Vol 2, No 2 (2022): June

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Marisa

Sri Yurnaniarti Oka (SMA Negeri 1 Marisa)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Marisa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II berpengaruh terhadap keaktifan siswa dengan rata-rata keaktifan kelas ekperimen 71,60%, dan kelas kontrol 66,40% dengan nilai dengan signifikasi 0,001, dimana nilai sig<0,05. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signifikasi 0,032 dimana nilai sig<0,05. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II juga berpengaruh pada keaktifan dan hasil belajar dengan nilai signifikasi untuk Pillae Trace, Wilk Lambda, Hoteling Trace, Roy’s Large Root memliki nilai signifikasi 0,001 dan semuanya lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Marisa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dikmas

Publisher

Subject

Education

Description

Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian is a journal managed by Master Program in Nonformal Education Post Graduate Program Gorontalo State University. This journal contains articles of community service with the scope of Training and Marketing that are utilized for community ...