Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan budaya belajar anak pada pembelajaran matematika di kelas XI.IA SMA Negeri 4 Gorontalo dengan teknik behavior contract. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI.IA.3 SMA Negeri 4 Gorontalo berjumlah 30 orang yang usianya di antara 16 - 17 tahun. Analisis data dilakukan melalui analisis terhadap hasil observasi dan hasilnya digunakan untuk merefleksi diri apakah siswa sudah dapat meningkatkan budaya belajarnya dalam pembelajaran. Hasil analisis ini akan digunakan untuk merencanakan tindakan pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata persentase jumlah anak yang memperlihatkan peningkatan budaya belajar yang diharapkan, seperti yang nampak pada pada siklus I 48% siswa yang mempunyai budaya belajar, pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 65% dan pada siklus Ill mencapai 75%. Dengan demikian indikator kinerja yang telah ditetapkan yakni minimal 75% atau 23 orang dari 30 siswa sudah mempunyai budaya belajar yang baik. Disamping itu hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yakni "jika digunakan teknik behavior contract maka budaya belajar siswa dapat ditingkatkan" diterima
Copyrights © 2022