Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan metode STAD yang diterapkan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Kabila mampu meningkatkan kualitas pembelajran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus di mana masing-masing siklus dilalui dengan empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi tindakan; dan (4) refleksi tindakan. Subjek penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Kabila sebanyak 36 siswa dengan komposisi 20 laki-laki dan 16 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, teknik evaluasi atau tes, dokumentasi, dan wawancara. Dari hasil perhitungan statistik deskriptif diketahui bahwa nilai rata-rata untuk masing-masing kategori pengamatan yang meliputi persiapan sebesar 4.35, pendahuluan 3,42, kegiatan inti sebesar 2.43. Hasil pengamatan ini menunjukkan bahwa secara umum guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses dalam setting pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah cukup baik. Hasil analisis data penelitian tentang aktivitas guru dan siswa, guru selama ini dalam mejelaskan materi/menyampaikan informasi sebesar 12.65%, mengorganisasikan siswa dalam kelompok belajar kooperatif 37.23%, mendorong dan melatihkan keterampilan kooperatif 45.45%. Dengan demikian sebagian besar waktu yang digunakan guru selama kegiatan belajar-mengajar, membimbing siswa mengerjakan LKS dan melatihkan keterampilan proses.
Copyrights © 2022