Dari hasil observasi ternyata ketika diberikan soal Bahasa Indonesia di kelas X dari 36 siswa 50% yang bisa mengerjakannya dan sebagian lagi masih ada yang kesulitan untuk mengarang suatu tulisan. Peneliti melaksanakan perbaikan dalam Bahasa Indonesia dengan tiga siklus perbaikan, sesuai dengan rencana perbaikan pembelajaran yang penulis susun. Hal ini dibuktikan pada pengamatan yang dilakukan oleh teman sejawat sebagaimana tercantum pada pengolahan data dan temuan. Adapun hasilnya sebagai berikut: Pada hasil penelitian mata pelajaran Bahasa Indonesia mengalami peningkatan yaitu ; Siklus I = 66,11%, Siklus II = 76,66% dan Siklus III = 88,88%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Hasil ini menunjukkan upaya guru yang tercantum dalam langkah-langkah kegiatan pembelajaran memeperoleh keberhasilan. Dengan mengubah strategi pembelajaran yang dilaksanakan dalam perbaikan pembelajaran pada setiap siklusnya telah membawa perubahan terhadap penguasaan materi pembelajaran, hal in ternyata sangat menggembrikan pada peneliti. Meskipun hasilnya belum cukup memuaskan, namun sudah nampak perubahan dari hasil perbaikan.
Copyrights © 2022