Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian
Vol 2, No 2 (2022): June

Upaya Meningkatkan Keterampilan Siswa Menulis Karangan Berdasarkan Gambar Seri Melalui Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Erna Panigoro (SMK Negeri 1 Suwawa)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

Dari hasil observasi ternyata ketika diberikan soal Bahasa Indonesia di kelas X dari 36 siswa 50% yang bisa mengerjakannya dan sebagian lagi masih ada yang kesulitan untuk mengarang suatu tulisan. Peneliti melaksanakan perbaikan dalam Bahasa Indonesia dengan tiga siklus perbaikan, sesuai dengan rencana perbaikan pembelajaran yang penulis susun. Hal ini dibuktikan pada pengamatan yang dilakukan oleh teman sejawat sebagaimana tercantum pada pengolahan data dan temuan. Adapun hasilnya sebagai berikut: Pada hasil penelitian mata pelajaran Bahasa Indonesia mengalami peningkatan yaitu ; Siklus I = 66,11%, Siklus II = 76,66% dan Siklus III = 88,88%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Hasil ini menunjukkan upaya guru yang tercantum dalam langkah-langkah kegiatan pembelajaran memeperoleh keberhasilan. Dengan mengubah strategi pembelajaran yang dilaksanakan dalam perbaikan pembelajaran pada setiap siklusnya telah membawa perubahan terhadap penguasaan materi pembelajaran, hal in ternyata sangat menggembrikan pada peneliti. Meskipun hasilnya belum cukup memuaskan, namun sudah nampak perubahan dari hasil perbaikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dikmas

Publisher

Subject

Education

Description

Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian is a journal managed by Master Program in Nonformal Education Post Graduate Program Gorontalo State University. This journal contains articles of community service with the scope of Training and Marketing that are utilized for community ...