Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model cooperatif Script pada mata pelajaran IPS terhadap kemampuan berpikir kritis dkelas VI SD Negeri 03 Wanggarasi Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain Stephen Kemmis dan Robbin MC Taggart. Model ini mempunyai empat tahapan yaitu tahap (1) perencanaan (planning); (2) pelaksanaan tindakan (acting); (3) pengamatan (observing) dan (4) refleksi (reflecting). Instrumen dalam penelitian ini adalah pedoman pengamatan dan lembar pengamatan berpikir kritis, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi aktivitas peserta didik dalam berpikir kritis pada siklus I presentase rerata skor mencapai 53,91% dalam kategori kurang kritis. Dan pada siklus II rerata skor meningkat menjadi 66,15% dalam kategori kritis. Sedangkan kemampuan berpikir kritis Pada Mata Pelajaran IPS pada siklus II meningkat dibanding dengan penilaian pada siklus I. Hasil skor skala kemampuan berpikir kritis pada siklus I, jumlah peserta didik yang telah mencapai kriteria keberhasilan sebanyak 11 orang 47,83% dan pada siklus II meningkat sebanyak 20 orang 86,96% Hal ini dirasa sudah cukup memuaskan karena kriteria keberhasilan yang telah ditentukan sudah tercapai yaitu sebanyak 75% peserta didik mencapai taraf keberhasilan dan aktivitas peserta didik sudah dalam kategori kritis
Copyrights © 2022