Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian
Vol 2, No 2 (2022): June

Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Narrative Melalui Pictures Series Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Marisa

Parhani Ahmad Karim (SMA Negeri 1 Marisa)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

Masalah pokok yang diangkat dan dipecahkan lewat penelitian tindakan kelas ini adalah kegiatan belajar mengajar bahasa Inggris di dalam kelas yang masih belum bias dipahami oleh siswa, karena belum merefleksikan karakteristik proses belajar bahasa inggris yang baik. Tujuannya adalah untuk meningkatkan nilai hasil Belajar Bahasa Inggris ketrampilan menulis teks recount. Hipotensi tindakannya adalah melalui penggunaan pictures series dalam pembelajaran writing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada bahasa Inggris dalam penguasaan jenis teks (genre) kususnya teks recount. Penelitihan tindakan kelas ini dilakukan dalam 3 siklus. Dalam penelitian ini teknik dan alat pengumpul data yang dipergunakan oleh peneliti adalah melalui test tertulis dengan uraian dan pemahaman gambar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMA Negeri 1 Marisa selama 6 bulan, dari Juni sampai Desember 2018. Data penelitian menggunakan analisis metode tindakan kelas yaitu, membandingkan nilai rata-rata pada kondisi awal dengan antara siklus I, siklus 2 dan siklus 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentasi perolehan nilai rata-rata dari kondisi awal ke siklus I masihsama rata ratasiswa 45.75, kalau diprosentasi 0,7%, sedangkannilai rata-rata padasiklus I dengansiklus II terdapatpeningkatan 54.88%. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh positif antara penggunaan gambar bias menambah nilai. Kemudian untuk siklus III nilai siswa dalam pembelajaran writing penguasaan jenis teks (genre) kususnya recount teksdengan picture Series meningkat 75.56%. Berdasarkan pengembangan kajian teori, kerangka berpikir dan pengajuan hipotesis terbukti melalui penggunaan Pictures SERIES (Gambar-gambar Berseri) dapat meningkatkan nilai siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Permasalahan pokok yang akan dipecahkan lewat penelitian tindakan kelas ini adalah upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris. Hipotesa tindakanya adalah melalui pictures series pembelajaran Bahasa Inggris dalam menulis teksr icounthas ilnya meningkat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dikmas

Publisher

Subject

Education

Description

Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian is a journal managed by Master Program in Nonformal Education Post Graduate Program Gorontalo State University. This journal contains articles of community service with the scope of Training and Marketing that are utilized for community ...