Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian
Vol 2, No 2 (2022): June

Peningkatan kualitas Guru SLB N Angkola Timur Tapanuli Selatan Melalui Pelatihan Teknologi Informasi

Nuryaningsih Nuryaningsih (Kepala Sekolah SLB N Angkola Timur)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2022

Abstract

Literasi digital merupakan salah satu program pemerintah untuk mencapai Indonesia maju. Menurut Survei Global World Digital Competitiveness Index oleh Institute Management Development (IMD), Indonesia berada di urutan 53 dari 63 dari sisi literasi digital, sehingga perlu digalakkan di semua bidang termasuk pendidikan. Lembaga pendidikan memiliki peran dalam menciptakan sumber daya manusia berkualitas, yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahklak mulia, sehat berilmu, kreatif, cakap, mandiri dan demokratis. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas peserta didik adalah dengan meningkatkan kualitas guru dengan memberikan pelathan teknologi informasi. Pelatihan dilakukan selama dua hari dengan metode praktek dan diskusi. Pelatihan meliputi pengembangan materi pembelajaran dan pembuatan video ajar dengan menggunakan OBS atau Open Broadcaster Sosftware yang diunduh secara gratisan. Adapun jumlah peserta pelatihan adalah 28 guru dari SLB N Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan dengan proporsi data 8 laki-laki dan 20 perempuan. Secara garis besar, hasil pelatihan menunjukkan bahwa peserta paham dan mampu mengimplementasikan dalam kegiatan belajar mengajar di SLB N Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dikmas

Publisher

Subject

Education

Description

Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian is a journal managed by Master Program in Nonformal Education Post Graduate Program Gorontalo State University. This journal contains articles of community service with the scope of Training and Marketing that are utilized for community ...