Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 3, No 1 (2015)

PENGGUNAAN BAHASA PADA SKRIPSI MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNILA TAHUN 2011

Arya Dwi Putri (Unknown)
Siti Samhati (Unknown)
Nurlaksana Eko Rusminto (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2015

Abstract

The language usage on script of Unila Enginering Faculty students in 2011 is discussed as the problem. This research aims to describe literalness and illiteralness in the language usage on script of Unila Enginering Faculty students in 2011. The result of the language usage on script of Unila Enginering Faculty students in 2011 reaches 2.340, literalness by 2.134 (91%), illiteralness by 206 (9%). In language use, it can be elaborated as follow: (1) spelling, including capitalization, full stop, coma, preposition di and ke by 1.937, literalness by 1.774 (91%), illiteralness by 163 (9%) and (2) effective sentences by 403, literalness by 360 (89%), illiteralness by 43 (11%).Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah penggunaan bahasa pada skripsi mahasiswa Fakultas Teknik Unila tahun 2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ketepatan dan ketidaktepatan dalam penggunaan bahasa pada skripsi mahasiswa Fakultas Teknik Unila tahun 2011. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui penggunaan bahasa pada skripsi mahasiswa Fakultas Teknik Unila tahun 2011 mencapai 2.340, ketepatan 2.134 (91%), ketidaktepatan 206 (9%). Penggunaan bahasa, yaitu (1) penggunaan ejaan yang meliputi penggunaan huruf kapital, tanda baca titik, tanda baca koma, kata depan di dan ke mencapai 1.937, ketepatan 1.774 (91%), ketidaktepatan 163 (9%) dan (2) kalimat efektif mencapai 403, ketepatan 360 (89%), ketidaktepatan 43 (11%).Kata kunci: penggunaan ejaan, penggunaan kalimat efektif, skripsi.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

BINDO1

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian bidang pendidikan bahasa dan sastra, meliputi linguistik teoritis, linguistik terapan, linguistik lintas disiplin, tradisi lisan, filologi, semiotika, sastra murni, sastra terapan, sastra lintas ...