Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan passing atas bola voli dengan menggunakan pendekatan paikem terhadap siswa SMP N 3 Terusan Nunyai.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Dengan populasi siswa SMP N 3 Terusan Nunyai kelas VII, dan diambil populasi sampel dengan jumlah 28 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.Teknik pengumpulan data untuk meningkatkan pembelajaran bola voli passing atas menggunakan pendekatan paikem dengan menggunakan indikator - indikator dari penelian keterampilan dasar bermain bola voli. Analisis data hasil tes awal dan tes akhir menggunakan uji t perbedaan dan uji t pengaruh.Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan yang signifikan dengan menggunakan pembelajaran paikem. Pada penelitian ini siswa mengalami kesulitan pada pembelajaran pasing atas bola voli, pada treatmen menyenangkan beberapa siswa saja yang bisa mengikuti pembelajaran pasing atas bola voli sedangkan pada treatment aktif, inofatif, kreatif dan efektif siswa lebih sulit mengikuti pembelajaran pasing atas bola voli. Sehingga dalam penelitian ini terjadi peningkatan yang signifikan.Implikasi dari penelitian ini adalah pembelajaran pasing atas bola voli dengan pendekatan paikem kurang dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam materi bola voli pasing atas.Kata kunci : passing atas, bola voli, pembelajaran paikem
Copyrights © 2013