Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini
Vol 2, No 2 (2022): Juni

MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS MENEMPEL MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION, METODE DRILL DAN TEKNIK MOZAIK KELOMPOK B

norlatifah norlatifah (ULM)
Novitawati Novitawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada rendahnya perkembangan aspek motorik halus dalam menempel dengan tepat. Dikarenakan pembelajaran disekolah lebih sering menggambar dan mewarna, media yang digunakan kurang bervariasi, kurangnya semangat belajar anak, dan pembelajaran yang bersifat satu arah yang menyebabkan anak kurang terlibat secara langsung. Penelitian bertujuan guna meningkatkan aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil pengembangan aspek motorik halus dalam pembelajaran menempel dengan tepat. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis yang Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Objek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Melati Babirik kab. Hulu Sungai Utara yang berjumlah 6 orang anak. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru memperoleh skor 27 (sangat baik), aktivitas anak memperoleh persentasi 100% (sangat aktif), dan hasil perkembangan anak memperoleh persentasi 100% dengan kriteria BSB.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jikad

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) merupakan kumpulan artikel/jurnal tugas akhir mahasiswa PG PAUD di bidang Pendidikan Anak Usia Dini. JIKAD mulai diterbitkan pada tahun 2021 di Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas ...